Masih Relevankah Eksistensi Gerakan Non Blok?

Rabu, 23 November 2016

Masih Relevankah Eksistensi Gerakan Non Blok?


Menurut saya, GNB masih harus mempunyai Eksistensi dimasa-masa sekarang ini walaupun berbagai masalah tentunya sudah sangat berbeda dengan masalah yang dibahas sejak pertama GNB (Gerakan Non Blok).

Permasalahan yang dihadapi bukanlah lagi membahas mengenai perang dingin melainkan lebih memfokuskan pada berbagai permasalahan sosial seperti ketidakmerataan dan kesenjangan sosial antar negara anggota Gerakan Non Blok serta berbagai konflik internal yang terjadi di beberapa negara anggota GNB.Prinsip dan nilai-nilai dasar GNB masih sangat relevan, dan jika diterapkan secara benar akan memberikan keberhasilan bagi GNB dalam menghadapi berbagai tantangan di abad ke-21 dan mencapai visinya.
Logo KTT GNB yang ke 16 (PNG)


Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan, menekankan bahwa kerja sama multilateralisme harus tetap menjadi fokus GNB. Untuk itu, peningkatan kontribusi GNB di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), khususnya dalam mempromosikan penyelesaian sengketa secara damai, harus ditingkatkan.Maka dari itu,Indonesia mencalonkan diri sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020. Selain itu, GNB juga harus bisa ikut andil dalam memperkuat budaya perdamaian global terutama melalui dialog dalam perdaban. Negara anggota GNB juga harus memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik dan demokrasi yang dapat berpengaruh terhadap berbagai upaya meminimalkan berbagai potensi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme.

GNB memiliki peran penting dalam meningkatkan kerja sama pembangunan khususnya melalui kerangka kerja sama Selatan-Selatan. Kerjasama Selatan-Selatan adalah istilah historis yang digunakan oleh para pembuat kebijakan dan akademisi untuk menggambarkan pertukaran sumber daya, teknologi, dan pengetahuan antara negara-negara berkembang yang juga dikenal sebagai negara-negara Selatan global. Hal ini dinilai penting dalam pencapaian Agenda Pembangunan 2030.
Selain itu, GNB juga memiliki hutang kepada warga Palestina yaitu mendukung kemerdekaan negara tersebut. Termasuk yaitu, melalui proses perdamaian Israel-Paestina dalam mewujudkan solusi dua negara.

0 komentar :

Posting Komentar