REFORMASI

Kamis, 10 November 2016

REFORMASI


Definisi menurut KBBI adalah perubahan secara drastis untuk perbaikan (bidang sosial, politik, atau agama) dalam suatu masyarakat atau negara.
Reformasi adalah era pasca Soeharto, era ini dimulai pada pertengahan 1998 tepatnya ketika Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998 dan digantikan Wakil Presiden BJ Habibie. Era ini berlangsung mulai 1998 hingga sekarang.
 Dari segi kondisi sosial masyarakat, era reformasi adalah era dimana hak-hak rakyat mulai diakui seperti kebebasan pers sudah bisa dilaksanakan dengan baik, aspirasi rakyat mulai didengar oleh pemerintah berbeda dengan kondisi pada masa Presiden Soeharto dimana kebebasan bersuara merupakan hal tabuh. Seperti hal-hal pada umumnya yang memiliki kelebihan maupun kekurangan, Era Reformasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
Dampak Positif Reformasi:
1.Berhasil menata kehidupan ketatanegaraan, dengan amandemen UUD 1945
Adanya amandemen terhadap UUD 1945 yang dilakukan sebanyak 4 kali pada era ini membuat UUD 1945 lebih sesuai dan lebih tertata untuk digunakan pada masa sekarang.

  1. Kebebasan dan kemerdekaan pers tumbuh dengan demokratis.
Seperti yang terlihat pada era reformasi ini kebebasan pers mulai tumbuh dan tidak lagi dikekang seperti pada mas orde baru.

  1. Berhasil menyelenggarakan pemilu secara demokratis.
Akibat dari pelaksanaan demokrasi secara benar maka pada era reformasi inilah pemilu bisa dikatakan berlangsung secara demokratis dengan asas LUBER JURDIL.

  1. Berhasil menyelenggarakan pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung dan demokratis.
Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden secara langsung oleh rakyat pada tahun 2004 merupakan salah satu bukti nyata bahwa demokrasi berjalan baik pada masa ini.

  1. Menjamin terjadinya stabilitas politik
Stabilitas politik bisa direalisasikan dengan adanya UUD 1945 yang sudah diamandemen, selain itu dengan aspirasi dari rakyat maka politik akan jadi lebih baik.

  1. Dihapusnya Dwifungsi ABRI
adalah doktrin yang diterapkan oleh Pemerintahan Orde Baru yang menyebutkan bahwa TNI memiliki dua tugas, yaitu pertama menjaga keamanan dan ketertiban negara dan kedua memegang kekuasaan dan mengatur negara. Dwifungsi sekaligus digunakan untuk membenarkan militer dalam meningkatkan pengaruhnya di pemerintahan Indonesia, termasuk kursi di parlemen hanya untuk militer, dan berada di posisi teratas dalam pelayanan publik nasional secara permanen. Dwifungsi ABRI secara perlahan-lahan dihapuskan menyusul runtuhnya rezim Soeharto. Pada rapat pimpinan ABRI tahun 2000, disepakati untuk menghapus doktrin ini yang akan dimulai setelah Pemilu 2004 dan diharapkan selesai pada Pemilu 2009.Dengan ini,ABRI tidak mempunyai fungsi kembali duduk di kursi parlemen.Apabila ingin memasuki kursi parlemen harus mencopot status ABRI-nya.
Dampak Negatif Reformasi :
1.Lepasnya timor timur dan kepulauan sipadan serta ligitan
Lepasnya timor timur dikarenakan mayoritas masyarakat timor timur lebih memilih untuk referendum daripada otonomi daerah oleh karena itu presiden Habibie melepas timor timur yang akhirnya menjadi negara Timur Leste.

2.Bila pemerintah membuat kebijakan yang tidak menjamin kepentingan publik, masyarakyat tidak dapat berpengaruhi langsung kepada pemerintah, tetapi harus lewat parlemen (DPR)
Dalam era Reformasi diterapkan sistem demokrasi lebih tepatnya demokrasi perwakilan maksudnya aspirasi rakyat akan disampaikan ke pemerintah melalui perwakilan-perwakilannya atau lebih tepatnya DPR/DPD oleh karena itu aspirasi rakyat disalurkan melalui DPR seperti prosedur yang benar.

3.Terjadinya penyimpangan dengan keluarnya maklumat presiden di masa pemerintahan Gus Dur.
Pada masa pemerintahan Gus Dur, Gus Dur pernah mengelurakan dekrit untuk membekukan DPR.

4.Suburnya KKN (korupsi,kolusi,nepotisme). Di berbagai instansi pemerintahan dan kehidupan masyarakat.
Pada era reformasi lebih banyak orang yang melakukan KKN tidak hanya di pusat tetapi di daerah-daerah juga mulai marak. Berbeda dengan Orde Baru.

5.Lemahnya stabilitas keamanan
Akibatnya timbul konflik vertikal/horizontal,GAM,OPM,RMS kasus ambon,sampit,sambas dan maraknya terorisme hal ini karena kebijakan Militer yang tidak sekuat Orde Baru membuat hal-hal diatas mungkin terjadi lagi.

0 komentar :

Posting Komentar